Rumus Microsoft Excel

Sebelum menjelaskan rumus rumus Microsoft Excel ada baiknya jika saya menjelaskan pengertian  Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat terkenal bagi masyarakat, Microsoft Excel bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk pencatatan data penjualan, untuk lampiran laporan, dll. Salah satu fungsi yang paling membantu adalah penggunaan rumus rumus excel yang paling sering digunakan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data office.

Disini saya tidak akan menjelaskan satu persatu rumus rumus yang ada di dalam microsoft excel, saya hanya share kumpulan berbagai rumus tersebut yang di dalamnya sudah ada penjelasan dan contoh-contoh aplikasinya dalam pengolahan data.

Contoh Rumus Excel :
1. SUM 
         Adalah Operasi penjumlahan digunakan untuk mengetahui nilai total dari sekelompok data.
Cara menggunakan fungsi SUM di microsoft excel :

Untuk mengisi kolom "Jumlah Nilai" bisa menggunakan rumus SUM dengan cara ketik rumus di kolom F7 =SUM(C7:E7) dan tekan enter. Secara otomatis, Excel akan langsung menjumlahkan data tersebut.Andadapat melakukan hal yang sama pada sel F8, F9 sampai F11. untuk mempermudahkan anda, formula tersebut dapat anda menarik ujung kanan bawah sel F7. Secara otomatis, formula akan menjumlahkan data tersebut.

2.  MAX 
          Adalah digunakan untuk mencari nilai tertinggi atau nilai maximal dari sekelompok bilangan.
Cara menggunakan fungsi MAX di Microsoft Excel :                                                                                                                                                        Untuk mengisi kolom "HASIL" bisa menggunakan rumus MAX dengan cara ketik rumus dikolom D6=MAX(B3:B10) dan tekan enter. Secara otomatis, Excel akan langsung menjumlahkan data tersebut. 

3. MIN 
         Adalah digunakan untuk mencari nilai terendah atau nilai minimal dari sekelompok bilangan.
Cara menggunakan fungsi MIN di Microsoft Excel:
                                          fungsi-min
Untuk mengisi kolom "HASIL" bisa menggunakan rumus MIN dengan cara ketik rumus di kolom D6=MIN(B3:B10) dan tekan enter. Secara otomatis, Excel akan langsung menjumlahkan data tersebut. 

4. AVERAGE 
         Adalah Untuk mencari nilai rata-rata dari sejumlah cell yang berurutan (dalam suatu range).
Cara menggunakan fungsi AVARAGE di Microsoft Excel :
           
Untuk mengisi kolom "Nilai RataRata" bisa menggunakan rumus AVERAGE pada cell G7= AVARAGE (C7:E7) dan tekan enter. Secara otomatis, Excel akan langsung menjumlahkan data tersebut. Anda dapat melakukan hal yang sama pada sel G8, G9 sampai G11 .Akan tetapi, untuk mempermudahkan anda, formula tersebut dapat anda menarik ujung kanan bawah sel G7. Secara otomatis, formula akan menjumlahkan data tersebut.

5. COUNT
          Adalah menghitung jumlah data yang bersifat numerik dari suatu range.
Cara menggunakan fungsi COUNT di Microsoft Excel :
 Formulanya: =COUNT(D3:D6)
       lalu ENTER. Anda akan mendapatkan jumlah dari datanya adalah 4


6. ABSOLUTE ADDRES
         Adalah  Absolute Reference, yakni ketika kita meng-copy rumus dengan  menggunakan                     fill handle maka cell yang diabsolutkan tidak akan berubah.
    Cara menggunakan fungsi ABSOLUTE ADDRES di Microsoft Excel :


7. RELATIF
       Adalah alamat sel yang ketika melakukan penyalinan (copy) akan menyesuaikan dengan lokasi           yang baru.
  Contoh : Pada Cell C5 terdiri Rumus ( E3*E4 ) jika rumus tersebud di Copy pada Cell F5 maka                         otomatis akan berubah menjadi =( F3*F4 ).

8. IF
      Adalah jika suatu data memiliki kondisi tertentu maka akan mempunyai nilai tertentu yang                 menunjukkan nilai tersebut benar atau salah.
  Cara menggunakan fungsi IF di Microsoft Excel :
 Berdasarkan tabel diatas pada kolom KETERANGAN digunakan keterangan fungsi IF, dengan               ketentuan sebagai berikut.
1) Letakkan pointer pada sel D5. Tuliskan rumusnya pada formula bar(contoh yg di beriwarna merah)
2) kemudian salin lah sapai sell D12.

sumber :http://www.belajarexcel.info/2013/02/fungsi-tanda-dollar-absolute-reference-pada-excel.html
              http://www.disketku.com/2013/11/pengertian-cell-absolute-ms-excel.html
              http://ruhutcyber.blogspot.com/2012/02/absolut-pada-ms-excel.html
              http://nurulhidayati-31.blogspot.com/2011/05/pengertian-rumus-fungsi-pada-excel.html
              http://info-excel.blogspot.com/2012/07/mengenal-alamat-sel-relatif.html
              http://fahrilaru.blogspot.com/2013/03/alamat-relatif-dan-alamat-absolut.html
              http://three-exact-republic-smansa.blogspot.com/2013/05/cara-menggunakan-fungsi-logika-if.html
              http://novialazora.wordpress.com/2013/01/03/fungsi-dan-penggunaan-count-counta-countif-   pada-ms-excel/
              http://singlehappycty.wordpress.com/2013/01/27/fungsi-sum-max-min-average-if-hlookup-dan-vlookup-pada-ms-excel/
              http://rumuslengkap.com/excel-statistik/fungsi-average-pada-microsoft-excel/
              http://sudiyo81.wordpress.com/2013/10/09/kumpulan-157-rumus-excel-lengkap/comment-page-2/#comment-188
              http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/10/jenis-formula-yang-sering-digunakan.html
              http://dasar-office.blogspot.com/2013/07/contoh-soal-excel-sum-average-min-max.html




Komentar

Postingan Populer